Analytics

Wednesday, October 24, 2018

Tempat Wisata di Semarang



Kita bisa menggunakan kereta api jika bergerak dari ibukota Jakarta, dengan harga tiket yang masih bisa dijangkau. Tiket Jakarta Semarang PP ini bisa didapatkan paling murah 250ribu perorang. Berawal dari Stasiun Gambir, Jakarta dan berakhir di Stasiun Poncol, Semarang.
Banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Semarang, diantaranya:
1. Taman Sri Gunting, Kota Lama
Bertempat di jalan Letjen Suprapto, Semarang. Merupakan taman untuk kegiatan berkumpul sambil duduk santai di kursi dan terdapat beberapa sepeda antik. Pada zaman Belanda digunakan untuk panggung parade.
2. Simpang Lima
Simpang lima adalah pertemuan lima jalan yaitu jalan Pahlawan, jalanPandanaran, jalan Ahmad Yani, jalan Gajah Mada dan jalan A. Dahlan. Tempat ini juga dijadikan lapangan atau alun-alun kota Semarang.
3. Vihara Sam Po Kong
Klenteng yang dikenal dimancanegara. Merupakan tempat persinggahan dari Laksamana Tiongkok Cheng Ho, yang disebut juga Gedung Batu. Bertempat di jalan Simongan, Semarang. Diadakan disini perayaan Imlek, hari kelahiran Cheng Ho disertai dengan arak-arakan, bazar dan  Barongsai.
4. Gua Kreo
Disini banyak monyet yang berkeliaran. Bertempat di Gunung Pati, Semarang dimana dahulu kala Sunan Kalijaga untuk mendirikan Masjid Agung Demak mencari kayu di sini. Banyak pohon besar dan rindang dengan mengalir sungai menjadikan kawasan yang sejuk.
5. Vihara Gunung Pati
Terletak jalan Kol. R. Warsito Soegiarto, Gunung Pati. Kita bisa mengunjungi vihara ini untuk sembahyang dan adanya altar Dhammasala. Sebelum sampai ke gua Kreo, kita bisa singgah disini.
6. Grand Maerakaca
Lokasi terletak jalan Anjasmoro - Tawangsari, Semarang. Grand Maerokaca terdapat taman mini berupa miniatur Jawa Tengah dan anjungan rumah khas dari 35 (tiga puluh lima) Kabupaten atau Kota.
7. Lawang Sewu
Dulu digunakan sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Lawang Sewu mempunyai arti seribu pintu. Bangunannya mempunyai banyak pintu dan jendela. Lawang Sewu mempunyai ruang bawah tanah yang pada dahulu digunakan sebagai penjara. Beralamat di Komplek Tugu Muda, jalan Pemuda, Semarang.
8. Simpang Tugu Muda
Tugu Muda merupakan monumen yang berbentuk seperti lilin yang melambangkan semangat para pejuang yang tidak pernah padam dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Berbentuk segi lima yang  terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Di bagian kaki dari tugu yang terbuat dari batu ada relief dengan 5 (lima) buah sangga pilar yaitu relief Hongerodeem, relief Pertempuran, relief Penyerangan, relief Korban, dan relief Kemenangan. Terletak di sebrang Lawang Sewu.
9. Tempat Ibadah Tridharma Budi Luhur Sakti
Berada di jalan lingkar Tanjung Mas, Semarang. Bisa sembahyang disini dan setiap tahun baru Imlek diadakan ritual Poo Un atau menolak bala agar kehidupannya menjadi lebih baik. Ritual Poo Un atau tolak bala ini dilakukan dengan membakar replika kapal naga sepanjang 10 meter dengan lebar 2 meter di halaman depan klenteng.
10. Rumah Makan Vegetarian Karuna
Jangan lupa makan vegetarian di rumah makan Karuna Jalan Depok, Semarang. Jam buka dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Untuk makan all u can eat, ada beberapa kali dalam hari tertentu dengan harga terjangkau.
11. Wingko Babat Semarang
Oleh-oleh khas Wingko Babat Semarang, panganan yang terbuat dari Tepung Ketan, Kelapa, Tepung Kanji, Gula Pasir, Santan Kental, Margarin, Daun Pandan menarik untuk dibawa pulang.


Yuk singgah ke Semarang. Ngga bakal nyesal deh.

Ini ceritaku, mana ceritamu.




Publish on:
https://www.kompasiana.com/wily_wijaya/5ab3777ddd0fa84bd646ee12/kapan-aja-bisa-dengan-airy


No comments:

Post a Comment