Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak


 

Kacang hijau merupakan sumber energi yang sering dibutuhkan para tentara. Tidak heran jika kacang hijau banyak dibuat di berbagai dapur tentara sebagai cemilan yang sehat. Di posyandu juga sering kita temui pembagian bubur kacang hijau. Ini karena bubur kacang hijau sangat sehat. Vitamin yang terdapat di bubur kacang hijau banyak sekali sehingga anda harus membuat anak anda cemilan sehat seperti bubur kacang hijau ini. Bubur kacang hijau ini bisa divariasikan dengan kuah yang berbeda. Sehinga anda tidak akan bosan memakan bubur kacang hijau. Berikut berbagai cara membuat bubur kacang hijau yang enak.

1.     1. Bubur Kacang Hijau Putih

Cara membuat bubur kacang hijau yang pertama ini dengan kuah yang berwarna putih. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kacang hijau 250 gram, kental manis, gula putih dan santan kelapa. Anda bisa menggunakan santan kelapa kemasan yang bubuk atau juga yang cair. Siapkan juga daun pandan 3 lembar.

Cara membuat bubur kacang hijau kuah putih ini adalah dengan merebus kacang hijaunya dahulu. Setelah kacang hijaunya meletek anda masukkan santan kelapannya. Kemudian tambahkan gula putih dan susu kental manisnya. Cicipi apakah sudah manis atau belum. Jika belum manis, tambahkan gula atau susu kental manisnya. Masukkan daun pandan. Jika sudah matang angkat.

2.     2. Bubur Kacang Hijau Gula Merah

Resep bubur kacang hijau yang selanjutnya adalah dengan gula merah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kacang hijau 250 gram, gula merah aren 2 buah, santan kelapa bubuk 1 bungkus, dan daun pandan 4 lembar. Air biasa secukupnya.

Masak kacang hijaunya dengan air dengan api besar. Setelah itu jika sudah hampir matang, masukkan gula merahnya. Masukkan pandannya dan aduk. Tambahkan garam sedikit saja. Setelah itu santan-nya masukkan juga. Aduk-aduk dengan api kecil dan sajikan selagi hangat.

3.     3. Bubur Kacang Hijau Dengan Jahe

Jahe adalah rempah yang membuat tubuh hangat. Sehinga jahe bisa menjadi bahan campuran yang tepat dengan bubur kacang hijau. Siapkan 300 gram kacang hijau, santan kelapa 70 ml, gula merah 3 buah, jahe 1 buah dan juga daun pandan 3 lembar.

Cuci bersih dahulu jahenya dan kupas hingga bersih. Kemudian iris jahenya dengan irisan tipis. Kemudian sisihkan dahulu. Selanjutnya masak kacang hijaunya dengan air yang cukup banya. Jika airnya asat, tambahkan lagi. Setelah itu masukan gula merah dan jahenya. Kemudian tambahkan santan kelapa. Sajikan selagi hangat. Anak-anak biasanya kurang suka dengan bubur kacang hijau jahe ini karena memiliki rasa yang cukup pedas. Namun orang yang sudah lansia suka sekali karena menghangat badan.

4.     4. Bubur Kacang Hijau Dengan Ketan hitam

Banyak sekali dijumpai bubur kacang hijau dengan ketan hitamnya. Siapkan 150 gram kacang hijau, dan 100 gram ketan hitam. Siapkan kental manis dan gula putih. Kemudian daun pandan 4 lembar.

Cara membuat bubur kacang hijau ketan hitam adalah merebus kacang hijau. Kemudian sambil menunggu kacang hijaunya. Kukus ketan hitam hingga matang. Setelah itu masukkan kental manis dan gula pada kacang hijau yang direbus tadi. setelah itu masukkan daun pandan dan santan kelapanya. Jika sudah matang angkat dan taruh di mangkuk. Kemudian tambahkan ketan hitamnnya. Jika kurang manis berikan lagi kental manis di dalamnya sambil dicicipi.

 

            Selamat mencoba..

 


Comments

Popular posts from this blog

Blogger Medan Menurut Saya

Mengenal Aplikasi KitaBeli

Jaket Dilan